TFI – CB2

LE01 – Team 2 Blog

Yosef Ivander HK – 1801393544 [1]

November9

Pada tanggal 8 November 2014 kita sepakat untuk memulai pembuatan biopori. Sebelum memulai nya sebelumnya kami sudah menyiapkan alat-alat perlengkapan kami seperti membuat alat biopori ke tukang las, membeli paralon, dan meminjam perlengkapan pembantu lain ke teman-teman kami.

Pada hari itu kami berkumpul sekitar jam 11 sehingga kami baru dapat memulai kegiatan sekitar pukul 1 siang. Pada awalnya kegiatan ini terasa menyusahkan karena walau kami punya alat-alat pembantu dan tahu pengalaman teman-teman kami yang sudah membuat, tapi tetap saja sulit untuk membuat lubang-lubang itu. Kami pun mulai membagi – bagi tugas. Pembagian tugas dilakukan secara bergantian . Jadi saya sendiri merasakan semua tugas yang berkaitan dengan biopori tersebut mulai dari melengkapi barang-barang, membolongi tutup dan paralon, sampai menggali dengan alat biopori. Kesulitan sendiri dari pengerjaan ini adalah tanah disana mempunyai tipe tanah merah sehingga tanahnya cukup keras, selain itu kami pun perlu mengevaluasi sekitar agar lobang kami tidak kena batu/akar, sehingga dapat dimasuki pipa yang panjang itu. Semua hal itu sulit memang kalau dilakukan sendiri tapi dengan kami bersama-sama semuanya terasa lebih mudah apalagi dengan teman-teman sendiri.

Kami dalam pengerjaan bertemu banyak pihak-pihak terkait disana dan kami sangat bersyukur karena mereka sangat ramah dan banyak membantu kami dalam project ini, seperti memberi tips-tips pengerjaan dan meminjamkan alat-alat seperti cangkul, linggis dan ember. Lingkungan di sana sangat kondusif untuk kami dapat bekerja sehingga kami pun nyaman berada di sana.

Kami selesai sekitar pukul 5. Pada pengerjaan pertama ini kami berhasil membuat 5 lubang biopori dan kami kira kami cukup puas dengan apa yang kami kerjakan hari itu. Karena dari situ, kami pun banyak belajar untuk mempercepat pembuatan biopori yang berikutnya.

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: